Manfaat Bawang Putih

Bagi kamu yang sering memasak pasti sudah tidak asing mendengar nama bumbu dapur yang selalu wajib ada di dapur ini.

Bawang putih memang sangat banyak digunakan untuk masakan, mulai dari goreng-gorengan, sayuran, tumis-tumisan dan masih banyak lainnya.

Namun, apa kamu juga sudah mengetahui manfaat apa saja yang ada pada bawang putih selain sebagai bumbu dalam sebuah masakan?

Ternyata banyak loh manfaat yang bisa kamu dapatkan dari mengkonsumsi bawang putih khususnya bawang putih yang masih mentah dan tidak ditambahkan dalam olahan masakan.

Memang sebagian orang berpikir bahwa bau yang dikeluarkan dari bawang putih mentah cukup mengganggu penciuman.

Namun jika dibandingkan dengan baunya, khasiat bawang putih juga sangat baik bagi tubuh dan juga bisa mencegah dan menyembuhkan penyakit.

Lalu, apa saja sebenarnya manfaat bawang putih bagi tubuh kita. Untuk mengetahuinya, pada kesempatan kali ini saya akan memabagikan info mengenai apa saja manfaat dari bawang putih.

Kandungan Bawang Putih

Sebelum mengetahui manfaat bawang putih bagi kesehatan, sebaiknya kamu mengetahui terlebih dahulu apa sih yang terkandung dalam bawang putih.

Mengapa banyak manfaat yang dihasilkan dari mengkonsumsi bawang putih, karena bawang putih mengandung banyak kandungan yang baik bagi tubuh.

Dalam tiap satu buah bawang putih biasanya terdapat satu sampai dengan sepuluh siung bawang putih.

Dan rata-rata berat satu buah bawang putih adalah antara 80-100 gram, jadi tiap satu siung bawang putih memiliki berat 8-10 gram.

Dalah satu buah bawang putih mengandung nutrisi berupa karbohidrat, serat, mangan, vitamin C, protein, serat selenium dan juga kalsium.

Selain mengandung nutri yang baik bagi kesehatan tubuh, bawang putih juga mengandung antioksidan yang dibutuhkan oleh tubuh.

Seperti oligosakarida, flavonoid, dan juga serat asam amino yang berguna bagi tubuh dan juga dapat menjadi obat dari banyak jenis penyakit.

Selain dikonsumsi sebagai bumbu, menjaga kesehatan tubuh, bawang putih juga sering dimanfaatkan dalam ilmu kecantikan.

Sebagai salah satu bahan yang banyak digunakan untuk merawat kecantikan kulit wajah dan juga tubuh Sobat Emulator.ID loh.

Baca juga:

Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan

1. Mencegah Penyakit Jantung

Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan by Emulator.ID 1

Penyakit jantung menjadi salah satu penyakit yang paling menakutkan bagi manusia diberbagai belahan dunia.

Bagaimana tidak, banyak orang yang terkena serangan jantung mendadak dan tidak dapat diselamatkan nyawanya.

Penyakit ini juga menjadi salah satu yang paling banyak membunuh terutama dikalangan orang tua yang mengalami kegemukan atau obesitas.

Dengan mengkonsumsi bawang putih menjadi salah satu cara untuk mencegah terjadinya penyakit jantung.

Karena bawang putih bisa menurunkan tekanan darah dan juga kolesterol bagi yang menderita darah dan gula darah tinggi.

Kolesterol dan darah tinggi termasuk penyebab munculnya serangan jantung dan penyakit jantung lainnya.

Karena jika kolesterol tinggi akan membuat tersumbuatnya arteri yang mengalirkan darah ke jantung.

Jika kolesterol kita rendah resiko terkena penyakit jantung pun bisa dikurangi, serta ditambah denga olah raga yang rutin.

2. Mencegah Kanker

Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan by Emulator.ID 2

Bawang putih juga bermanfaat untuk mencegah beberapa jenis kanker yang bisa menyerang tubuh dengan tidak terkendali.

Bawang putih mengandung sulfur aktif yang dapat mencegah pembentukkan sel kanker dan juga dapat menghambat penyebaran dalam tubuh bagi yang sudah terkena kanker.

Jenis kanker yang bisa dicegah dengan mengkonsumsi bawang putih secara rutin antara lain adalah kanker perut seperti kanker usus besar, usus kecil dan juga lambung.

Selain itu dapat mencegah kanker payudara, prostat dan juga kanker pankreas serta kanker kerongkongan yang banyak menyerang manusia bagik diusia muda ataupun tua.

3. Mencegah pengeroposan Tulang

Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan by Emulator.ID 3

Pengeroposan tulang atau osteoforosis menjadi salah satu penyakit yang paling banyak diderita oleh kalangan manula.

Pengeroposan tulang biasanya disebabkan oleh kurangnya kalsium untuk memperkuat tulang, untuk mencegahnya dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium tinggi.

Selain itu kamu juga harus banyak mendapatkan asupan vitamin D yang dapat membantu memperkuat tulang.

Namun, bawang putih juga bisa menjadi pilihan untuk mencegah pengeroposan pada tulang karena bawang putih mengandung flavonoid.

Flavonoid sendiri merupakan salah satu komponen gizi yang sangat baik untuk meningkatkan kesehatan tulang, sehingga tulang tidak mudah keropos.

4. Mencegah Hipertensi

Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan by Emulator.ID 4

hipertensi menyebabkan penderitanya sulit untuk memilih makanan, tentunya makanan yang enak sudah sangat kecil kemungkinannya untuk dikonsumsi.

Apalagi di Indonesia sendiri, makanan berlemak dan santan sangat banyak ditemui dalam makanan tradisional berbagai daerah.

Hal tersebut tentunya dapat menggangu kenyamanan kamu dalam menikmati makanan. Namun jika kamu ingin tekanan darah menurun, banyak makanan yang sangat baik dikonsumsi.

Salah satu contoh makanan yang mampu menekan hipertensi adalah bawang putih mentah yang dikonsumsi hanya dengan cara mengunyah, memotong atau dengan menghaluskannya.

Biasakan untuk mengkonsumsi bawang putih tanpa campuran apapun, karena kandungan alicin yang membantu menekan darah tinggi akan lebih mudah diserap oleh tubuh.

Selain itu, bawang putih juga dapat menurunkan tekanan darah karena memiliki kandungan bernama polisulfida yang akan membantu memperlebar pembuluh darah yang sempit.

5. Menurunkan Kolesterol

Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan by Emulator.ID 5

Kolesterol tinggi menyebabkan berbagai penyakit akan muncul dan membuat komplikasi penyakit dalam.

Salah satu yang paling sering terjadi adalah serangan jantung secara tiba-tiba dan juga strok tanpa kita sadari.

Kandungan alicin yang ada pada bawang putih selain untuk menurunkan tekanan darah, juga dapat menurunkan kolesterol.

Karena sejatinya kedua jenis penyakit ini memang saling berhubungan dan memiliki penyebab yang hampir serupa.

Namun, yang perlu kamu ketahui dan jangan lipa adalah bawang putih yang dikonsumsi haruslah yang mentah atau tidak dijadikan sebagai bumbu campuran masakan lain.

Karena alicin baru akan bisa berfungi hanya jika kamu mengunyah, menumbuk atau memotongnya ketika dikonsumsi.

6. Menyembuhkan Batuk, Pilek dan juga Radang

Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan by Emulator.ID 6

Salah satu penyakit umum yang sering diderita oleh berbagai kalangan baik anak-anak maupun orang dewasa juga bisa disembuhkan oleh bawang putih.

Seperti halnya batuk, pilek dan juga radang yang sering terjadi apalagi jika terjadi pergantian musim yang menyebabkan cuaca tidak menentu.

Kandungan alicin yang terdapat dalam bawang putih dapat meningkatkan kekebalan tubuh menjadi tidak mudah sakit.

Selain pencegahan, mengkonsumsi bawang putih secara rutin juga dapat menyembuhkan penyakit-penyakit umum yang disebebkan oleh kuman tersebut.

Karena kekebalan tubuh yang terjaga, memungkinkan kamu tidak akan mudah tertular penyakit yang akan menyerang kapanpun dan dimanapun.

7. Mencegah Kebotakan

Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan by Emulator.ID 7

Selain sebagai obat dalam yang sangat ampuh, bawang putih juga dapat membuat kamu memiliki rambut yang tebal dan kuat.

Pasalnya, bawang putih memiliki kandungan yang sangat baik dalam mengatasi kebotakan pada rambut dengan lebih cepat.

Mungkin kamu juga pernah mendengar kemiri dapat mnebalkan rambut. Ternyata bukan hanya kemiri, bawang putih juga mampu mencegah kebotakan yang biasa dialami ketika usia mulai bertambah.

Kamu bisa membuat minyak bawang putih dengan menghaluskan beberapa siung bawang putih kemudian mengoleskannya pada kulit kepala.

8. Mengatasi Jerawat

Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan by Emulator.ID 8

Jerawat yang timbul membuat orang khususnya kaum perempuan resah dan tidak enak tidur, bagaimana tidak jerawat dapat membuat penampilan menjadi kurang menarik.

Tapi jangan khawatir, karena yang perlu kamu ketahui saat ini bahwa bawang putih juga mampu membuat jerawat-jerawat kamu hilang.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa manfaat bawang putih mentah bukan hanya untuk kesehatan namun juga untuk kecantikkan.

salah satunya untuk menghilangkan jerawat yang disebabkan oleh bakteri dan kuman yang bisa saja terkena ketika kamu beraktifitas diluar rumah.

Kandungan alicin yang dapat membunuh bakteri dan kuman menjadi salah satu faktor mengapa bawang putih bisa menghilangkan jerawat.

Selain itu vitamin C dan B6 yang terkandung didalam bawang putih juga dipercaya dapat menghilangkan jerawat dengan cepat.

Itulah beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dari mengkonsumsi bawang putih mentah, selain sebagai bumbu dari berbagai masakan bawang putih juga mampu menjaga kesehatan tubuh kita bahkan untuk mempercantik diri.