Manfaat Daun Sirih

Daun sirih merupakan nama daun yang sudah sangat sering didengar oleh masyarakat khususnya di Indonesia.

Bahkan bisa dibilang daun ini menjadi salah satu daun yang paling melegenda sejak dulu hingga saat ini.

Jika kamu mendengar nama daun sirih, mungkin yang terlintas pertama kali adalah dedaunan berwarna hijau dan merah yang sering dikunya oleh orang-orang tua jaman dulu.

Mengunyah daun sirih sudah menjadi budaya dan kebiasaan masyarakat Indonesia sejak dahulu.

Terutama di kalangan masyarakat daerah yang masih kental akan adat istiadat dan budaya seperti suku pedalaman dan beberapa daerah terpencil lainnya.

Dengan mengunyah daun sirih dipercaya bahwa gigi mereka akan kuat dan merupakan warisan leluhur dimasa lampau.

Namun dijaman modern seperti ini, masyarakat sudah mulai meninggalkan kebiasaan tersebut karena dianggap sebagai tradisi kuno.

Tapi apakah benar bahwa dengan mengunyah daun sirih akan membuat gigi kita menjadi lebih kuat?

Dan apa sebenarnya manfaat lain dari daun sirih yang baik untuk kesehatan tubuh dan penyembuhan penyakit.

Untuk menjawab rasa penasaran kamu, di dalam pembahasan kali ini akan ada banyak informasi mengenai manfaat apa saja yang bisa kamu terima dari daun sirih.

Sebelum mengetahui manfaat daun sirih bagi kesehatan, sebaiknya kamu mengenal apa saja kandungan yang terdapat pada daun sirih.

Baca juga:

Kandungan Yang terdapat Pada Daun Sirih

Kandungan yang terdapat pada 100 gram daun sirih antara lain adalah:

  1. Lodin 3,4 mcg
  2. Vitamin A 1-2 mg
  3. Vitamin B1 13-70 mcg
  4. Sodium 1-4 %
  5. Protein 3-4 %
  6. Asam Nikotinal 0,60-0,80 mg
  7. Lemak 0,5-1 %
  8. Kalori 45

Manfaat Daun Sirih bagi Kesehatan

Manfaat daun sirih sangat banyak bagi kesehatan bukan hanya untuk kekuatan gigi saja, tapi masih banyak manfaat lainnya yang belum banyak dikethui seperti beberapa manfaat berikut ini:

1. Menurunkan Kolesterol dan Tekanan Darah

Kolesterol dan tekanan darah yang tinggi merupakan sebuah penyakit yang saling berkaitan dan memiliki penyebab yang serupa.

Jika seseorang menderita penyakit darah tinggi bisa dipastikan bahwa kolesterol yang dimilikinya juga tinggi.

Penyakit ini sudah sangat banyak diderita oleh mausia diberbagai belahan dunia, dengan banyak faktor terutama gaya hidup yang tidak sehat.

Makanan cepat saji pun menjadi salah satu faktor besar dari penyakit ini, berbagai pengobatan dan obat-obatan bisa dikonsumsi.

Obat-obatan tradisional juga bisa dicoba seperti salah satunya adalah daun sirih, daun sirih dapat menurunkan kadar tigliserida dan juga kolesterol LDL.

Selain itu daun sirih akan membantu menurunkan kadar lemak dalam tubuh yang bisa menyebabkan berbagai penyakit muncul dengan cara meminum air rebusan 4-5 lembar daun sirih dan dikonsumsi secara rutin.

2. Menyembuhkan Luka Bakar

Bekas dari luka bakar memang menjadi PR yang sangat wajib diselesaikan setelah mendapatkan bekas luka tersebut.

Karena luka bekas terbakar sangat sulit untuk disembuhkan apalagi untuk dihilangkan dengan cepat dan juga benar.

Daun sirih juga bisa menjadi penyembuh luka bakar yang cepat dan efektif karena terdapat kandungan antioksidan.

Saat terjadi luka bakar pada seseorang maka akan terjadi pula yang namanya stres oksidatifdan hal tersebut sudah pasti akan menghambat penyembuhan terhadap luka tersebut.

Selain itu, daun sirih juga terdapat kandungan polifenol yang berfungsi sebagai antiseptik yang dapat membunuh kuman-kuman bekas luka yang mash tersisa.

3. Menjaga Kesehatan Gigi dan Juga Mulut

Seperti yang sudah dilakukan masyarakat dahulu dengan kebiasaan mengunyah daun sirih memang daun sirih dapat membuat gigi kuat dan menjaga kesehatan mulut.

Sobat Emulator.ID juga pasti sudah mengetahui bahwa mulut menjadi salah satu bagian tubuh yang paling banyak dan cepat terjadi pertumbuhan bakteri.

Karena mulut merupakan tempat masuknya berbagai makanan yang tentu kita tidak mengetahui kebersihan dan kesehatan dari makanan yang dimakan.

Untuk gigi sendiri, dengan mengunyah atau meminum air daun sirih akan mencegah gigi menjadi berlubang.

Hal tersebut juga tidak terlepas dari produksi air liur yang banyak ketika menguyah daun sirih, air liur mengandung protein dan mineral yang baik bagi kesehatan mulut, gigi dan trntunya gusi kita.

4. Mencegah dan Menurunkan Gula Darah

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa daun sirih sangat baik untuk menurunkan kolesterol dan juga darah tinggi.

Gula darah merupaakan salah satu jenis penyakit yang terdapat faktor dari tingginya tekanan darah dan juga kolesterol.

Untuk itu, daun sirih juga sangat baik untuk menururnkan kadar gula dalam darah yang dapat menimbulkan berbagai penyakit.

Seperti serangan jantung, strok dan masih banyak penyakit lainnya yang bisa menyerang jika gula darah naik.

5. Melancarakan Saluran Pencernaan

Daun sirih juga mampu untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan, mulai dari menjaga kesehatan lambung agar terhindar dari luka dalam yang disebabkan oleh berbagai hal.

Selain itu dapat meningkatkan produksi lendir yang akan membantu melancarkan pencernaan dalam tubuh.

Daun sirih juga akan melindungi usus Sobat Emulator.ID dari racun dan juga radikal bebas dari luar yang dapat membahayakan kesehatan dari saluran cerna.

Hal lainnya adalah dapat mengurangi resiko terkena mag, perut kembung, asam lambung dan penyakit lainnya.

Sampai dengan mencegah terjadinya sembelit dan juga diare yang disebabkan oleh makanan dan juga bakteri.

6. Mengobati Radang Prostat

Selain untuk melindungi dari penyakit saluran cerna, ternyata daun sirih juga mampu melindungi saluran reproduksi dengan sangat baik.

Contohnya dengan mengobatai masalah peradangan prostat yang bisa terjadi pada kaum lelaki.

Daun sirih memiliki kandungan berupa antioksidan, sopanin dan juga zat aktif hydroxychavicol yang akan memperbaiki sel-sel kelenjar prostat.

Dengan begitu jika mengalami peradangan prostat, mengkonsumsi daun sirih sangat dianjurkan dan baik untuk menyembuhkan peradangan yang terjadi.

Nah, itu dia beberapa penyakit yang bisa dicegah dan disembuhkan dengan mengkonsumsi daun sirih hijau ataupun yang berwarna merah.

Dengan mengkonsumsinya secara rutin akan membuat kamu merasakan hasil dari manfaat daun sirih bagi kesehatan tubuh kamu.