Cara Menambah Berat Badan Bayi

Setiap bayi yang dilahirkan pasti memiliki berat badan yang berbeda-beda dengan bayi-bayi lain.

Jadi berat badan bayi yang baru lahir bisa dikarenaan faktor genetik atau juga nutrisi yang kurang pada saat masa kehamilan dan juga masa kehamilan yang kurang atau premature.

Rata-rata berat bayi normal ketika dilahirkan adalah antara 2,5 sampai 4,5 kg.

Jika berat bayi bunda berada diantaranya berarti bayi bunda masuk kategori normal.

Namun jangan kahwatir jika ternyata berat bayi bunda dibawah rata-rata, karena bayi bisa berkembang pada masa setelah dilahirkan.

Pada dasarnya berat bayi, panjang/tinggi serta lingkar kepala bayi sudah tertulis didalam sebuah grafik yang terdapat dalam sebuah buku panduan bernama KMS (Kartu Menuju Sehat).

Grafik tersebut berisikan standarisasi dari berat bayi yang sesuai dengan usianya, grafik ini akan membantu bunda untuk mengetahui pertumbuhan bayi bunda secara normal.

Untuk itu sangatlah penting mengetahui grafik perkrmbangan bayi sebagai acuan dalam memperhatikan tumbuh kembang bayi Sobat Emulator.ID.

Pada umumnya bayi akan mengalami pertumbuhan dua kali lipat pada usianya yang mencapai 4 bulan, untuk itu perhatikan baik-baik prtambahan berat badan bayi bunda.

Jika bayi bunda tidak mengalami kenaikan berta badan seperti bayi-bayi lainnya, sebaiknya bunda perhatikan faktor-faktor penyebabnya.

Karena terdapat beberapa faktor yang menyebabkan bayi mengalami keterlambatan dalam kenaikan berat badan, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Sedang mengalami gangguan kesehatan seperti gangguan pencernaan yang menyebabkan diare dan terjadinya nafsu makan yang berkurang dari biasanya.
  2. Sedang dalam masa pertumbuhan dan aktifitas yang berlebihan pada bayi yang sudah menginjak usia 6 bulan, biasanya bayi sudah mulai aktif bergerak sehingga berat badannya turun.
  3. Kurangnya keseimbangan nutrisi yang didapat, jadi vitamin dan nutrisi yang seharusnya didapat untuk tubuh tidak seimbang dan kurannya asupan nutrisi yang baik.

Lalu apa sebenarnya yang bisa dilakukan untuk membuat bayi bunda masuk kedalam kategori memiliki berat badan yang normal pada usianya?

Banyak cara yang bisa bunda lakukan untuk membuat bayi bunda tetap sehat seperti beberapa cara dibawah ini.

Baca juga:

1. ASI yang Berkualitas

ASI merupakan makanan utama bagi bayi, ASI yang berkualitas tergantung dari makanan yang bunda makan.

Jangan lupa untuk mengkonsumsi makanan yang bernutrisi lengkap dan yang juga menjadi faktor menjamin ASI bunda berkualitas atau tidak adalah mental.

Pastikan keadaan bunda tidak dalam tekanan dan masalah emosi yang membuat kualitas ASI bunda menjadi tidak baik.

Maka dari itu, sangat tidak disarankan untuk mengambil barang-barang mewah dan mahal secara kredit, seperti rumah, mobil, atau lainnya.

Karena jika tidak kuat membayarnya, ekonomi keluarga akan berantakan sehingga menambah beban pikiran bunda.

Dan itu akan berpengaruh terhadap kualitas ASI bunda.

2. Pemberian MPASI

Pemberian MPASI biasanya dilakukan pada usia bayi yang mencapai 6 bulan keatas, hal tersebut sudah bisa dilakukan.

Karena sudah sewajarkan bayi akan merasa kurang puas hanya dengan meminum ASI saja, untuk itu pemberian MPASI sangat dianjurkan.

Nutrisi tambahan bisa didapat dari MPASI dengan jadwal pemberian yang tepat, bunda bisa memberikan MPASI antara 2 samapi 3 kali sehari.

Untuk membuat bayi tidak bosan dengan MPASI yang diberikan bunda harus pintar untuk memberikan tambahan nutrisi seperti keju dan makanan yang mengandung kalori yang baik.

Serta serat yang dibutuhkan juga seperti tambahan sayur-sayuran, buah-buahan seperti pisang dan alpukat untuk menambah lemak tubuh bayi.

3. Campuran MPASI

Campuran MPASI yang diberikan juga sangat berpengaruh terjadap meningkatnya berat badan bayi bunda.

Jangan lupa untuk memberikan MPASI yang mengandung nutrisi dan vitamin yang seimbang, seperti menambahkan daging atau ayam.

Serta sayuran seprti wortel dan kentang serta buah pisang dan alpukat sebagai penambah lemak tubuh bayi.

Jangan sampai nanti besarnya seperti Yus Yulianto, tidak doyan buah dan sayuran.

Gunakan bahan-bahan makanan tersebut secara bergantian dan sesuai dengan porsi bayi bunda jangan sampai memaksa bayi ketika sudah merasa kenyang.

Itulah beberapa cara mudah untuk menambah berat badan bayi kamu menjadi berat badan yang ideal sesuai dengan usianya, semoga bermanfaat.