Menurunkan Berat Badan

Memiliki bentuk badan yang ideal adalah salah satu impian banyak orang.

Bukan hanya kaum wanita saja, saat ini kaum pria pun mulai sangat memperhatikan penampilan.

Hal tersebut dikarenakan berbagai faktor yang mempengaruhi seperti lingkungan, gaya hidup dan juga tuntutan pekerjaan.

Banyak perusahaan yang saat ini dalam perkerutan karyawan juga mengharuskan calon pegawainya memiliki penampilan menarik.

Dan tidak dipugkiri hal itu membuat orang berlomba-lomba untuk memperindah penampilan dan mempercantik diri agar bisa bekerja ditempat yang diharapkan.

Mungkin kamu pernah bahkan sedang mengalami hal tersebut, dan berniat untuk mempercantik diri dengan menurunkan berat badan.

Menurunkan berat badan nyatanya bukan hanya untuk penampilan semata, tapi juga berpengaruh pada kesehatan tubuh itu sendiri.

Nah, dalam pebahasan kali ini mengenai cara enurunkan berat badan dengan berbagai pilihan cara mulai dari cara alami, diet hingga olahraga.

Baca juga:

1. Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami

Cara Menurunkan Berat Badan by Emulator.ID 1

Menurunkan berat badan secara alami memang membutuhkan waktu yang agak lama.

Untuk itu biasanya cara ini dilakukan bagi orang yang tidak terdesak dalam menurunkan berat badan.

Selain itu tidak mau mengambil resiko jika dengan menggunakan cara lain seperti diet dan juga olahraga.

Namun, cara ini juga bisa sangat efektif jika kamu konsisten dan menjalankannya dengan sungguh-sungguh.

Cara menurunkan berat badan secara alami bisa dengan mengkonsumsi beberapa jenis makanan sepertiyang ada dibawah ini:

  • Jeruk Nipis

Jeruk nipis dikenal dapat membantu kamu menurunkan berat badan, dengan cara mencampurkannya dengan teh.

Gunakan segelas teh dan campurkan perasan jeruk nipis dan aduk rata.

Konsumsi minuman ini secara rutin pada pagi hari setiap harinya untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

  • Madu dan Jahe

Sudah menjadi rahasia umum jika madu sangat baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan tubuh dan berguna untuk mengobati berbagai penyakit.

Selain itu juga berguna dalam bidang kecantikkan kulit, namun ternyata madu juga bisa menurunkan berat badan.

Madu mengandung fruktosa yaitu semacam zat yang akan membakar lemak tubuh secara tak langsung.

Sedangkan jahe akan membantu menekan nafsu makan, jadi kamu tidak akan merasa selalu lapar.

Campurkan kedua bahan tersebut dengan air panas dan minum sebanyak dua kali dalam sehari.

  • Teh Hijau

Sejak dahulu teh hijau dikenal sebagai bahan alami yang akan menurunkan berat bandan kamu secara efektif.

Penggunaanya juga sangat mudah, sama seperti teh lain yang diseduh dengan air panas saja.

Teh hijau mampu menurunkan berat badan karena akan menekan nafsu makan dan membuat perut lebih tersa kenyang.

Selain itu teh hijau juga mampu melancarkan metabolisme termasuk menhilangkan lemak dalam tubuh.

Dan juga kaya antioksidan yang mampu mengobati berbagai penyakit dalam tubuh.

2. Cara Menurunkan Berat Badan dengan Diet

Cara Menurunkan Berat Badan by Emulator.ID 2

Diet adalah sebuah proses yang dijalankan untuk mencapai hasil dalam menurunkan berat badan dan mendapatkan bentuk tubuh yang ideal.

Umumnya diet dilakukan dengan mengurangi asupan makanan yang masuk kedalam tubuh.

Namun, ada juga diet yang dilakukan dengan cara yang tidak sehat misalnya dengan bantuan obat-obatan dan lain sebagainya.

Banyak metode yang bisa dilakukan dalam diet, mulai dari yang biasa hingga yang ekstrem sekalipun.

Namun metode-metode tersebut belum tentu aman dan sesaui dengan tubuh kamu, karena metabolisme tubuh setiap orang berbeda-beda.

Jadi, dalam proses diet sebaiknya lakukan dengan aman kalu perlu dengan saran dokter.

Namun ada metode biasa yang tidak akan membuat Sobat Emulator.ID menderita karena kelaparan.

  • Niat

Banyak orang yang memulai diet dengan setengah hati atau tidak sungguh-sungguh.

Yang diperlukan pertama disini adalah niat yang sungguh dan konsisten dalam melakukan diet.

Jadi, kamu harus tahu betul apa yang akan dijalani dan niatkan dalam hati dengan baik.

  • Target

Selai menjalankan diet, kamu juga perlu menentukan target yang harus dicapai.

Seperti contohnya kamu akan menurunkan berat badan 2 kilogram dalam sebulan.

Kamu harus mencapai target yang sudah kamu tentuan sendiri, sebaiknya memulai dengan sedikit santai.

Artinya jangan terlalu terobsesi dan menentukan target turun berat badan yang banyak.

Jika kamu tidak bisa mencapai target itu, akan ada rasa malah dan menyerah karena merasa sia-sia.

padahal kamu sudah berhasil menurunkan berat badan walau sedikit.

  • Minum Air Putih

Memang minum air putih adalh hal selalu dilakukan setiap harinya, lalu kenapa harus ada dalam list.

Minum air putih disini adalah minum air putih lebih banyak dari biasanya.

Karena air putih akan sangat baik untuk metabolisme dalam tubuh, dan jangan mengkonsumsi jenis air yang sudah tercampur seperti sirup dan sebagainya.

Dan biasakan meminum air putih sebelum makan, agar perut terisi dan akan merasa lebih kenyang.

  • Makanan berserat

Pastikan untuk selalu mengkonsumsi makanan berserat selama menjalankan diet.

Makanan berserat seperti sayur-sayuran hiaju dan juga buah-buahan.

Perbanyak makanan berserat karena dapat membantu dalam berbagai hal seperti melancarkan metabolisme.

Memperlancar pencernaan, menurunkan berat badan, membantu dalam proses detoksifikasi.

Selain itu juga bisa menurunkan kaodar gula darah dan masih banyak manfaat baik yang bisa kamu dapat dari konsumsi makanan berserat.

  • Hindari Cemilan

Cemilan disini seperti snack dan makanan lain yang biasa kamu makan dalam keadaan senggang.

Hindari makanan yang mengandung gula yang tinggi, karena dapa-t menyebabkan kolesterol dan diabetes yang sangat berpengaruh pada berat badan kamu.

  • Kurangi Porsi Makan

Mengurangi porsi makan juga salah satu yang paling berpengaruh.

Namun jangan mengurangi frekuensi makan kamu, karena mengurangi frekuensi makan tidak akan membantu.

Yang perlu dikurangi hanyalah porsi makan, kamu bisa makan 3 kali sehari namun dengan porsi yang lebih sedikit.

  • Hindari Makan Malam

Waktu makan juga sangat berpengaruh dalam keberhasiloan dalam melakukan diet.

Biaskan untuk makan dalam jam-jam yang sesuai dan sama yaitu pada pagi, siang dan juga sore hari.

Ganti makan malam kamu menjadi sore hari yaitu dibawah jam 6 sore.

Setelah jam 6 sore sebaiknya hindari makan berat, kamu bisa mengganti makan malam dengan makan buah sperti apel.

  • Aktif

Kegiatan sehari-hari kamu juga harus seimbang, jangan melakukan diet dengan hanya berdiam diri di rumah atau tidak mau melakukan kegiatan berat dan menghemat tenaga.

Karena diet akan berhasil jika kamu aktif bergerak dengan melakukan hal-hal yang bisa membantu membakar lemak.

Tidak selalu harus olah raga berat, karena mungkin kamu sibuk dengan pekerjaan.

Lakukan hal-hal kecil saja seperti berjalan kaki, menggunakan tangga daripada eskalator dan lain sebainya.

  • Positif

Berpikiran positif juga dapat membantu nemurunkan berat pada dan membuat proses diet kamu berhasil.

Pikirkanlah hal-hal baik agar kamu tidak stres dan bawa enjoy saja.

Dan yang paling penting adalah optimis jika yang diet yang kamu lakukan akan mencapai hasil yang diinginkan.

3. Cara Menurunkan Berat Badan dengan Olahraga

Cara Menurunkan Berat Badan by Emulator.ID 3

Berolahraga adalah cara yang paling terlihat hasilnya dengan baik.

Dengan melakukan olahraga kamu bukan hanya akan menurunkan berat badan.

Namun jika dengan berolahraga kamu akan mendapatkan bentuk tubuh yang bagus dan sehat.

Laki-laki dan perempuan juga perlu melakukan olahraga selain untuk membentuk tubuh juga untuk menjaga kesehatan.

Beberaapa olahraga yang sangat ampuh untuk menurutnkan berat badan dengan cepat.

  • Sit-up dan Push-up

Olahraga yang tergolong ringan dan mudah dilakukan dimana saja adalah Sit-up dan Push-up.

Lakukan olahraga tersebut setiap hari sebelum tidur dan juga di pagi hari.

Mulai lakukan Sit-up dan Push-up sebanyak 10 kali setaip hari dan mulai menaikan intensitas setiap harinya.

Olahraga ini juga bisa menurunkan nafsu makan karena akan membuat efek kenyang pada tubuh kamu.

Selain itu kamu bisa membentuk perut menjadi lebih rata dan tidak buncit.

  • Kardio

Kardio juga salah satu olahraga yang sangat membantu untuk menurunkan berat badan dengan sangat cepat.

Karena kardio melibatkan seluruh bagian tubuh untuk aktif bergerak mulai dari kepala hingga kaki.

Selain itu, seluruh bagian otot bekerja dengan maksimal sehingga membentuk tubuh dengan sangat baik.

  • Yoga

Yoga menjadi salah satu olahraga yang sangat membantu menurunkan berat badan.

Yoga dilakukan untuk melatih pernapsan, kelenturan, menghilangkan lemak dan juga mlancarkan metabolisme dalam tubuh.

Dengan latihan yoga juga akan membantu tubuh rileks dan juga pikiran menjadi lebih tenang.

Messkipun melakukan toga terlihat tidak aktif dalam menggerakan seluruh bagian tubuh seperti halnya kardio.

Yang mampu membakar lemak, namun yoga justru sangat baik dilakukan untuk menurunkan berat badan secara efektif.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menurunkan berat badan dengan cepat dan juga aman.

Namun sebaiknya melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter jika kamu memiliki penyakit-penyakit tertentu.